Penyebab Tulang Punggung Sakit dan Cara Mengatasinya

Salah satu masalah yang sering dialami oleh seseorang adalah tulang punggung sakit. Ini adalah suatu kondisi yang bahkan dialami oleh hampir setiap orang. Sehingga tak sedikit dari mereka yang mengeluh ketika tulang punggungnya terasa sakit. Berikut ini adalah beberapa penyebab tulang punggung sakit dan cara mengatasinya, antara lain yakni :

Beberapa Penyebab Tulang Punggung Sakit dan Cara Mengatasinya?

 

  1. Terdapat kelainan pada tulang belakang

Salah satu penyebab tulang punggung sakit adalah terdapat kelainan pada tulang belakang. Yang dapat membuat tulang punggung sakit adalah struktur tulang belakang atau biasa disebut dengan skoliosis. Hal ini biasanya muncul pada kalangan usia 40 tahun ke atas.

Pada umumnya penyakit ini bisa memengaruhi segala usia darai bayi sampai dewasa, namun hal ini sering terjadi pada kalangan anak usia 10-15 tahun. Selain itu, penyakit ini paling rentan terjadi pada anak perempuan dibandingkan dengan anak laki-laki.

Pada umumnya skoliosis ini tidak bisa membaik tanpa pengobatan. Untuk skoliosis berat, diperlukan operasi untuk mencegah tulang belakang agar tidak semakin melengkung. Namun jika kondisinya ringan, anda bisa berkonsultasi ke dokter dengan mendiskusikan kondisi ini untuk melakukan beberapa gerakan fisik.

  1. Kelelahan yang berlebihan

Penyebab selanjutnya yang membuat tulang punggung sakit adalah kelelahan yang berlebihan. Saat anda sedang mengalami stres, otot pada pundak dan leher belakang anak menegang hingga dapat menyebabkan rasa sakit.

Jika terus membiarkan keadaan seperti ini di tambah lagi dengan tubuh yang terlalu lelah saat beraktivitas, hal ini dapat menyebabkan rasa nyeri tersebut akan menjalar dengan cepat kebagian punggung anda. Anda bisa melakukan yoga atau meditasi yang memiliki manfaat untuk membantu mengurangi rasa nyeri yang dirasakan.

  1. Otot Tubuh yang tidak seimbang

Penyebab terakhir yang dapat menyebabkan tulang punggung sakit adalah otot tubuh yang tidak seimbang. Mengapa demikian ? sebab kinerja otot-otot yang terdapat di dalam tubuh kita saling berhubungan.

Misalnya seperti antara otot punggung dan otot paha, jika salah satu otot tersebut mengalami gangguang, secara otomatis kinerja yang lainnya akan terganggu juga. Oleh sebab itu, keseimbangan kerja otot tubuh kita antara otot satu dengan yang lainnya sangat penting untuk kita jaga.

Untuk mengatasi hal tersebut, anda harus tetap bergerak aktif atau melakukan olahraga yang memang fokus untuk melenturkan otot-otot di dalam tubuh. Selain itu, untuk menunjang kesehatan tulang anda juga memerlukan asupan makanan tambahan untuk mendukung aktivitas tubuh seperti protein, kalsium, mineral, kolagen dan berbagai vitamin lainnya.

Apa Saja Cara Mengatasi Tulang Punggung Sakit ?

 

  1. Jagalah Pola makan yang baik

Yang perlu anda perhatikan adalah menjaga pola makan yang baik. Anda bisa mengonsumsi makanan seperti kacang, susu, salmon, dan kedelai untuk mencukupi kebutuhan kalsium di dalam tubuh. Selain itu, anda juga bisa mengonsumsi makanan seperti keju dan tuna yang kaya vitamin D yang berfungsi untuk menjaga tulang punggur supaya tetap kuat. Dengan pola makan yang sehat dapat membantu menjaga berat badan agar vtidak membebani punggung.

  1. Olahraga dengan teratur

Cara yang terakhir adalah melakukan olahraga teratur. Hal ini sangat berkaitan dengan makanan sehat yang masuk ke dalam tubuh kita, keseimbangan tubuh perlu di dukung dengan melakukan olahraga aktif. Anda bisa melakukan olahraga seperti lari, berenang, dll. Yang mana hal tersebut dapat membantu memperkuat tulang punggung.

 

Pos terkait