Pengertian dan Fungsi Pipa Galvanis yang Multifungsi

Kemungkinan besar Anda lebih mengenal pipa PVC yang terbuat dari polimer termoplastik.  Pilihan pipa di pasaran sebetulnya cukup beragam, Anda dapat menggunakan pipa galvanis yang lebih multifungsi. Pipa yang terbuat dari besi ini bisa digunakan untuk di rumah, bukan hanya di gedung atau perkantoran. 

Pipa berbahan besi dapat menjadi pilihan alternatif bagi Anda yang mencari pipa yang kuat, awet dan serbaguna. Meski terbuat dari besi atau baja ringan, pipa ini tidak mudah mengalami korosi alias berkarat. Sehingga aman digunakan untuk menyalurkan air. 

Pengertian Pipa Galvanis

Pipa besi ini pada dasarnya memilik lapisan seng sebagai pelindung. Lapisan seng inilah yang menjaga pipa tidak mengalami korosi. Proses pelapisannya dilakukan dengan cara merendam baja ringan ke lelehan seng. Tahap ini disebut sebagai galvanisasi hot dip. 

Sehingga membuat pipa galvanis jadi lebih tahan banting, tidak mudah dihancurkan, anti karat, lebih awet, serta lebih murah pembelian dan perawatannya.

Hal itu karena proses pelapisan seng tidak memakan banyak biasa yang membuat harga Galvanized Iron Pipe (GIP) lebih murah dibanding pipa dengan bahan pelapis lain. Biaya perawatannya lebih murah sebab Anda tidak perlu mengganti pipa, karena pipa besi dapat digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Fungsi Pipa 

Fungsi pipa galvanis ini cukup serbaguna. Anda dapat menggunakan GIP untuk mengalirkan air maupun gas dengan tekanan tinggi. Namun pipa GIP sebaiknya digunakan untuk saluran air dingin saja. Karena air panas akan mengelupas pelapis seng pada pipa. Selain menyalurkan air dan gas, GIP juga dapat dipakai untuk:

  • Pelindung Kabel

GIP juga dapat dipakai dalam instalasi listrik, untuk melindungi kabel. Umumnya dipakai untuk pemasangan di luar ruangan, karena mampu menjaga kabel dari gangguan yang bisa menyebabkan kabel putus. 

  • Pegangan Tangga

Pipa besi ini juga bisa dipasang menjadi pegangan tangga. Karena lebih awet dan tidak mudah berkarat. Anda pasti sering menemukan pegangan tangga yang terbuat dari pipa besi di tempat-tempat publik.

  • Pagar Rumah

Pipa besi dapat digunakan untuk pagar rumah. Pemasangannya cukup mudah dan materialnya yang kuat membuat pagar rumah jadi lebih tahan lama. 

Pipa Galvanis bisa menjadi pilihan alternatif bagi Anda yang mencari pipa multifungsi. Anda dapat memasangnya di dalam maupun luar ruangan dan tidak perlu lagi khawatir gonta-ganti pipa akibat bocor atau rusak. 

Pos terkait