Mengenal Sistem Pembayaran yang Ada di Indonesia

Dalam setiap transaksi yang Anda lakukan, akan ada sistem pembayaran yang berlaku. Sistem pembayaran adalah suatu sistem yang meliputi aturan, lembaga, dan mekanisme yang digunakan untuk mentransfer dana dan bertujuan untuk memenuhi suatu kewajiban dalam setiap kegiatan ekonomi.

Di mana ada sistem pembayaran, di situ ada uang yang berperan sebagai alat tukar dalam setiap transaksi barang, jasa, dan keuangan. Pada prinsipnya sistem pembayaran di Indonesia meliputi 3 tahapan proses, yaitu otorisasi, kliring, dan setelmen atau setelmen akhir.

Seiring dengan perkembangan mata uang dan jenis transaksi yang berlaku, sistem pembayaran juga berkembang dengan 3 elemen penggerak, antara lain inovasi teknologi dan model bisnis, tradisi komunitas, dan kebijakan otoritas.

Seperti yang Anda ketahui, awal mula alat pembayaran adalah sistem barter antar barang yang diperjualbelikan. Namun, seiring berjalannya waktu, manusia mengembangkan uang komoditas dalam sistem pembayaran.

Komoditas tersebut merupakan barang kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh hampir semua orang, seperti bahan pokok, ternak, dan sebagainya. Perkembangan berlanjut dengan adanya uang kertas yang digunakan sebagai alat pembayaran.

Apa Saja Jenis Sistem Pembayaran Online di Indonesia?

  • Transfer Bank

Jenis sistem pembayaran online yang pertama dan paling sering digunakan adalah transfer bank. Anda bisa menggunakan sistem pembayaran ini melalui mobile banking, internet banking, atau mesin ATM.

Pada dasarnya, sistem pembayaran jenis ini merupakan metode lama yang masih digunakan hingga sekarang. Sistem pembayaran ini tergolong aman dan praktis untuk dilakukan. Selain itu, cara ini juga lebih dikenal banyak orang.

  • Kartu kredit

Dengan menggunakan kartu kredit sebagai salah satu jenis sistem pembayaran, Anda bisa berbelanja apa saja, baik di dalam maupun di luar negeri. Selain itu, Anda juga tidak perlu langsung membayar belanjaan.

Banyak bisnis online dalam dan luar negeri yang memasukkan kartu kredit sebagai salah satu jenis sistem pembayaran, sehingga banyak orang yang menyukainya dan menggunakannya.

  • Kartu debit

Penggunaan kartu debit atau ATM masih cukup populer di industri keuangan. Hal ini karena sistem pembayaran jenis ini sering digunakan di Indonesia, bahkan sejak lahirnya perbankan.

Namun pembayaran menggunakan kartu debit ini seringkali mempunyai batasan dalam bertransaksi sehingga pembayaran menggunakan kartu debit masih diandalkan untuk transaksi non tunai dalam jumlah tertentu.

  • Dompet digital

Salah satu jenis sistem pembayaran yang sering digunakan di Indonesia tentu sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang yang sering melakukan transaksi online. Di beberapa marketplace, e-commerce, bahkan toko offline sudah menyediakan sistem pembayaran ini sebagai sarana untuk melakukan transaksi.

Namun masih terdapat keterbatasan layanan pembayaran pada sistem pembayaran ini karena hanya merchant tertentu yang bekerja sama yang bisa menggunakan sistem pembayaran online ini. Namun ke depannya, prospek e-wallet bisa berkembang lebih jauh sebagai alat pembayaran online.

  • Rekening bersama

Salah satu jenis sistem pembayaran ini mempunyai tujuan untuk sama-sama melindungi penjual dan pembeli. Sistem ini berkembang seiring dengan munculnya transaksi jual beli di pasar online. Tidak hanya itu, metode pembayaran online ini juga sering diterapkan pada website-website freelancer.

Rekening bersama menggunakan sistem yang bekerja dengan melibatkan pihak ketiga yang bertujuan untuk menahan dana sampai transaksi selesai dan barang sampai dari tangan penjual kepada pembeli secara utuh. Jadi, saat barang sudah sampai, pembeli wajib melakukan konfirmasi agar dana segera dicairkan ke penjual.

Pos terkait