Mengenal Apa Itu Kripto dan Fakta Menarik Tentangnya

Cryptocurrency atau kripto adalah topik hangat saat ini. Istilah cryptocurrency bukan lagi hal baru, terutama bagi Milenial dan Gen Z, yang lebih paham mengenai perkembangan teknologi dan investasi. Namun apa itu kripto? Kripto umumnya dikenal sebagai mata uang digital dan bisa digunakan sebagai transaksi dan investasi digital.

Harga dan fitur kripto ini sangat bervariasi. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai kripto, mari kita bahas pengertian dan fakta menariknya.

Apa Itu Kripto?

Cryptocurrency atau mata uang kripto adalah sebuah mata uang digital yang dijamin oleh cryptography. Dengan adanya cryptography, maka mata uang digital ini menjadi hampir tidak mungkin akan dipalsukan.

Pencatatan dari  seluruh transaksi yang dilakukan tersimpan di blockchain. Blockchain ini juga  tersebar luas antara satu komputer dengan komputer lain dan terkoneksi di dalam satu jaringan yang tersebar luas, maka tidak terpusat pada satu tempat, atau dikenal dengan istilah desentralisasi.

Sederhananya, kripto merupakan  mata uang digital yang bisa digunakan untuk melakukan  transaksi antar pengguna tanpa harus melewati pihak ketiga. Selain menggunakan mata uang virtual sebagai alat perdagangan, para pengguna menggunakan mata uang virtual sebagai sarana investasi. Ini dikarenakan fluktuasi nilai mata uang digital.

Namun hukum penawaran dan permintaan juga berlaku. Ini artinya bahwa semakin banyak orang berinvestasi dalam cryptocurrency, maka semakin berharga nilainya. Di Indonesia, aset kripto yang tergolong emas digital sudah memperoleh legalitas melalui Bappebti. Maka tidak perlu khawatir akan dipalsukan.

Fakta Menarik Tentang Kripto

Dunia Kripto Pertama kali Tahun 1980-an

Sebagian orang yakin jika adanya bitcoin terbuat sekitar tahun 2010. Sedangkan mata uang digital tersebut sudah mulai diperkenalkan secara luas pada tahun 1980-an. Kepopuleran bitcoin akhir-akhir ini karena masih sedikit orang yang dapat melaksanakan kriptografi.

Salah satu ilmuwan berkebangsaan Amerika David Lee Chaum mulai mengaplikasikan ilham kriptografi yang mulai selaras di tahun 1983. Dia juga yang memberikan dasar seputar Cypherpunk, sebuah pergerakan bawah tanah saat kemunculan bitcoin. Maka hal ini juga menjadi salah satu fakta kripto.

Sempat Dilarang

Jalan panjang harus dilalui oleh kripto untuk dapat masuk ke Indonesia dan memperoleh izin perdagangan resmi. Sebab Bank Indonesia pernah mengeluarkan surat pernyataan pada Februari 2014 lalu yang menyatakan bahwa Bitcoin juga kripto bukan mata uang alat pembayaran yang sah di Indonesia.

Maka, sejak saat itu, perdagangan BTC dan sejenisnya berjalan secara sembunyi-sembunyi. Tetapi kemudian pada tahun 2018 titik terang mulai terlihat. Kementerian Perdagangan mengeluarkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 99 tahun 2018 mengenai Kebijakan Umum Penyelenggaraan Perdagangan Berjangka Aset Kripto

Bukan hanya itu, Bappebti selaku regulator untuk komoditas berjangka mengeluarkan Peraturan Bappebti Nomor 5 Tahun 2019 Mengenai Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Fisik Aset Kripto pada Bursa Berjangka.

Teknologi Super Canggih

Perdagangan kripto bersifat peer to peer, artinya dari penjual langsung ke penerima yang lalu datanya terekam dalam sistem blockchain. Setiap aktivitas transaksi yang terdapat dalam blockchain sulit untuk ditembus sistem keamanannya.

Sebab setiap beberapa menit, sistem tersebut akan membuat blok baru untuk lalu membentuk rantai blok. Pelaku harus dapat menembus blok yang tersusun satu persatu. Tetapi lagi-lagi itu tidak mudah, sebab seiring berhasil ditembusnya beberapa bagian blockchain, blok baru juga telah tercipta.

Sistem blockchain bahkan banyak dikaji oleh bank-bank global untuk dimanfaatkan sebagai sistem perbankan. Sistem transaksi diharapkan bisa berjalan efisien dan efektif.  Beberapa bank yang telah memanfaatkan teknologi tersebut adalah OCBC, Royal Bank of Canada, Bank Santander dan masih banyak lagi.

Resiko Tinggi

Bagi para investor pemula, dianjurkan untuk memahami betul bagaimana harga BTC dapat terbentuk. Sebab melihat harganya yang melambung sangat tinggi dalam beberapa tahun terakhir, tingkat resiko investasi BTC juga semakin tinggi.

Sejauh ini, faktor pembentuk harga yang ada pada BTC adalah perihal permintaan dan ketersediaan. Jadi Anda harus sangat jeli untuk menimbang faktor resiko yang ada. Sesuai prinsip investasi, dibalik imbal hasil yang tinggi, juga ada resiko tinggi yang membayanginya.

Perlu diingat juga, walaupun BTC dinamakan sebagai mata uang virtual, bukan berarti bisa diperdagangkan secara sah di Indonesia. Sebab sesuai dengan Undang-Undang No 7 Tahun 2011 mengenai Mata Uang, hanya Rupiah yang sah sebagai alat pembayaran di Indonesia.

Kripto Tidak Selalu Berkaitan dengan Blockchain

Pemakaian teknologi blockchain tidak selalu menjadi bagian inti dari investasi kripto. Perihal tersebut dapat teruji dari Ripple yang tidak menggunakan blockchain secara pribadi.

Dia sanggup menduduki peringkat 3 terkuat kapitalis pasar dalam hal volume perdagangan secara setiap hari. Dia juga menggunakan Ripple Protocol Consensus Algorithm yang sudah melewati pengesahan ataupun verifikasi ke seluruh transaksi jaringan.

Mata Uang Kripto Cukup Populer

Sebagai sebuah investasi digital kekinian, mata uang kripto memang cukup populer dan dikenal banyak orang. Terbukti dari kripto adalah sebagai sesuatu yang menarik bagi para penggemarnya. Tentunya hal ini mempunyai alasan tertentu, yaitu diantaranya karena mata uang kripto ini dianggap oleh masyarakat bisa menjadi mata uang masa depan.

Maka, sekarang ini mulai banyak orang yang mengumpulkannya walaupun belum terlalu bernilai. Dengan harapan bisa meningkatkan nilainya dikemudian hari.

Untuk Anda yang ingin berinvestasi crypto dengan mudah, download PINTU sekarang! PT Pintu Kemana Saja dengan brand PINTU adalah sebuah platform jual beli dan investasi aset crypto di Indonesia. Aplikasi PINTU berfokus pada tampilan aplikasi intuitif, mudah digunakan, dengan konten edukasi in-app, terutama untuk para investor crypto baru dan kasual. Dapatkan info kripto hari ini hanya di aplikasi PINTU.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *