Manfaat Suplemen Vitamin D Untuk Tubuh

Tubuh perlu banyak nutrisi dan vitamin. Tanpa keduanya, tubuh bisa menjadi lemah dan beberapa fungsi dalam organ tubuh manusia tidak akan bisa berjalan secara normal.

Maka dari itu,  selain mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, kalsium, zat besi dan karbohidrat. Anda perlu juga mengkonsumsi makanan mengandung vitamin. Salah satunya adalah vitamin D.

Lalu, apa sih manfaat vitamin D dan hal-hal apa yang terkandung dalam vitamin jenis dan juga manfaatnya. Berikut ulasannya.

Apa Itu Vitamin D

Secara sederhana, vitamin D didefinisikan sebagai salah satu vitamin dalam tubuh yang mudah larut dalam lemak dan bisa tersimpan dalam waktu yang lama.

Manfaat dari vitamin ini diantaranya untuk meningkatkan kesehatan tulang dan gigi serta membantu pengingkatan kekebalan tubuh.

Vitamin D sendiri terdiri dari 2 jenis, pertama adalah vitamin D yang berasal dari tumbuhan seperti jamur-jamuran. Vitamin yang berasal dari tumbuhan ini termasuk pada golongan vitamin D2 atau ergocalciferol.

Sedangkan, jenis satunya berasal dari makanan-makanan tertentu seperti misalnya minyak ikan, kuning telur dan juga beberapa jenis ikan. Vitamin D yang berasal dari makanan ini disebut vitamin D3 atau cholacelciferol.

Manfaat Vitamin D Bagi Tubuh

Ada banyak manfaat vitamin D yang berguna untuk kesehatan tubuh. Diantara manfaat vitamin D adalah sebagai berikut :

Memelihara Kesehatan Gigi dan Tulang

Vitamin D membantu dalam pemeliharaan kesehatan gigi atau tulang. Vitamin ini akan memudahkan tubuh dalam hal penyerapan kalsium yang berguna untuk kekuatan pada tulang.

Selain itu, pada Ibu hamil, vitamin ini membantu calon Ibu dalam hal pemenuhan kalsium serta kebutuhan vitamin D yang manfaatnya bisa didapatkan untuk kesehatan tulang bayi

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin D memiliki sifat antioksidan serta anti radang. Hal ini secara langsung ataupun tidak langung akan membuatnya mampu dalam hal peningkatan sistem imun serta peningkatan kerja otot dan saraf.

Menjaga Jantung dan Paru-Paru

Mengkonsumsi vitamin D juga bermanfaat untuk menjaga organ tubuh penting manusia. Seperti misalnya paru paru dan jantung.

Banyak penelitian menyampaikan bahwa kekurang penyakit ini dalam tubuh dapat meningkatkan resiko penyakit jantung dan juga paru

Nah, selain yang telah disebutkan diatas, mash banyak fungsi lain dari vitamin D, diantaranya adalah untuk mencegah kanker, mengatasi depresi pada jiwa dan juga menurunkan resiko adanya diabetes dalam tubuh.

Sumber Vitamin D

Ada beberapa makanan yang menjadi sumber utama dari vitamin D, misalnya seperti ikan-ikanan dan juga buah-buahan tertentu. Berikut ini adalah daftar sumber makanan vitamin D.

  • Ikan jenis salmon, sarden dan juga tuna
  • Bagian kuning telur pada telur ayam matang
  • Daging merah
  • Keju dan susu
  • Jamur jamuran
  • Buah jeruk

Tidak hanya berasal dari makanan, sumber vitamin D bisa juga didapat dari sinar matahari. Anda bisa berjemur dibawah sinar matahari pagi setidaknya 15-20 setiap pagi ketika matahari belum terlalu terik.

Adapun, jika misalnya anda malas untuk mengkonsumsi makanan diatas. Anda tetap bisa mendapatkan vitamin D dengan cara lain. Misalnya seperti mengkonsumsi suplemen vitamin D.

Salah satu suplemen vitamin D yang bisa anda konsumsi adalah CDR. Dengan mengkonsumsi CDR kebutuhan vitamin D untuk tubuh anda dapat terpenuhi meskipun anda tidak mengkonsumi makanan mengandung vitamin D.

Nah, untuk mengkonsumsi secara rutin CDR. Anda bisa membeli suplemen satu ini di apotek-apotek ataupun swalayan terdekat yang menyediakan keperluan obat-obatan dan suplemen kesehatan.

Pos terkait