Cerita Singkat Menkes sebagai Mantan Penderita Hepatitis

Dalam peringatan Hari Hepatitis Sedunia XII Tahun 2021 Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin bercerita singkat, ia merupakan mantan penderita Hepatitis. Ia pernah terkena Hepatitis saat berusia anak anak. "Saya adalah penderita hepatitis pada saya saat saya kecil. Saya waktu itu tidak mengerti Hepatitis ini seperti apa, karena masih berusia di bawah 10 tahun. Saya ingat ibu saya merawat dan sempat khawatir," kata dia dalam membuka webinar bertema tema “ Segera Tangani Hepatitis”, Rabu (28/7/2021).

Menurutnya kesembuhan atas penyakit Hepatitis yang diderita dahulu, merupakan satu bukti bahwa inisiatif pemerintah menangani Hepatitis setidaknya berhasil, sehingga bisa sehat sampai saat ini. "Karena saya baru memahami Hepatitis ini bisa menjadi kronis bisa menjadi sirosis dan kanker hati yang berdampak sangat fatal terhadap rakyat kita," ungkapnya. Ke depan, Kementerian Kesehatan dan sejumlah pihak terus memperhatikan sektor Hulu yakni promotif dan preventif sebagai cara yang efisien, murah, juga lebih menyejahterakan.

"Tetap bisa hidup secara produktif ke depannya jadi saya memang memastikan bahwa vaksinasi ini penting sekali," ungkapnya. Untuk diketahui, penyakit Hepatitis merupakanperadangan pada hati atau liver. Hepatitis disebabkan oleh infeksi virus, atau kondisi atau penyakit lain, seperti kebiasaan mengonsumsi alkohol, penggunaan obat obatan tertentu, atau penyakit autoimun. Hepatitis bisa menular jika disebabkan oleh infeksi virus.

Jika tidak ditangani dengan baik, hepatitisdapat menimbulkan komplikasi, sepertigagal hati, sirosis, atau kanker hati (hepatocellular carcinoma). Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *