Cara Menggunakan Ekspedisi Luar Negeri

Sebagian dari anda mungkin kebingungan tentang cara menggunakan ekspedisi luar negeri. Ada rasa takut salah atau dianggap gaptek ketika pergi ke jasa ekspedisi luar negeri untuk mengirim barang.

Ketika menggunakan layanan pengiriman JNE, JNT atau Sicepat yang melayani pengiriman dalam negeri, anda tinggal serahkan barang ke kantor mereka, bayar, trus beres. Anda tinggal menunggu paket sampai ke tujuan. Lalu, apakah proses yang sama apakah berlaku juga untuk pengiriman paket ke luar negeri?

Nah, dalam artikel ini kita akan membahas tentang cara menggunakan ekspedisi luar negeri agar anda memiliki sedikit pengetahuan ketika diharuskan untuk mengirim paket atau barang ke negara berbeda.

Bagaimana Cara Menggunakan Ekspedisi Luar Negeri?

 

  1. Pastikan Barang Bisa Dikirim

Sebelum mengirim barang anda harus memastikan terlebih dahulu apakah barang yang dikirimkan itu diizinkan untuk memasuki/keluar dari sebuah negara atau tidak.

Biasanya pada barang tertentu misalnya produk kosmetik atau kesehatan memerlukan izin dan dokumen tertentu agar bisa masuk/keluar pada sebuah wilayah. Anda harus mengurusnya terlebih dahulu pada dinas-dinas terkait agar izin bisa dikeluarkan.

  1. Memilih Jasa Pengiriman

Hal selanjutnya adalah memilih jasa yang ingin anda gunakan. Anda bisa mempertimbangkan harga, layanan dan juga hal hal lainnya sebelum memutuskan menggunakan sebuah jasa.

Cari jasa-jasa yang memiliki layanan konsumen atau costumer service yang ramah, dengan demikian anda bisa bebas bertanya atau konsultasi tentang produk yang ingin anda kirimkan keluar negeri.

Salah satu jasa ekspedisi luar negeri yang bisa digunakan adalah jasa pengiriman kilo.id selain murah, paket yang dikirimkan juga bergaransi akan sampai ke tangan penerima dengan selamat.

Ongkos kirimnya pun bisa dibilang relatif terjangkau, untuk ongkir vietnam ke indonesia saja hanya dibandrol 200 sampai 300 ribu saja per kilogramnya. So, jangan ragu untuk menggunakan jasa tersebut.

  1. Hubungi Costumer Service

Anda bisa menghubungi atau mengobrol dengan CS baik itu melalui chat whatsapp, telepon atau mendatangi kantornya secara langsung. Disana mungkin costumer service akan menjelaskan secara detail bagaimana proses pengiriman barang hingga sampai ke tangan penerima dan juga hal hal lainnya yang harus dilakukan oleh pihak pengirim.

Selain itu, nanti CS juga akan langsung mengkalkulasi barang yang akan dikirimkan baik itu dengan menggunakan hitungan berat kiloan ataupun kubikasi. Nantinya CS juga akan mengeluarkan bill, packing list dan beberapa dokumen lainnya untuk anda.

Pada beberapa jasa layanan pengiriman seperti misalnya kilo.id, anda bisa menunggu kurir di rumah tanpa harus membawa barang ke tempat kantor pengiriman. Melalui jasa Free pick up anda tidak perlu repot-repot karena nanti paket yang akan dikirimkan akan dijemput langsung sesuai check point yang anda berikan pada pihak jasa pengiriman.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.