Cara Manajemen Waktu untuk Meningkatkan Produktivitas

Kemampuan dalam mengatur waktu tentunya akan memberikan banyak sekali manfaat, terutama dalam dunia kerja. Ketika Anda mampu untuk memanajemen waktu dengan baik, maka produktivitas kerja Anda pun juga akan semakin meningkat. 

Anda akan memiliki banyak waktu luang, bahkan hal itu bisa membuat stres berkurang. Sebagian besar perusahaan menyukai karyawan yang mampu untuk manajemen waktunya dengan cukup baik. Kemampuan ini merupakan hal yang sangat penting. Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara bagi Anda untuk melakukan manajemen waktu sehingga jadi lebih produktif lagi, antara lain yaitu :

Bagaimana Cara Manajemen Waktu untuk Meningkatkan Produktivitas ?

 

  • Membuat List Prioritas

Cara pertama yang bisa dilakukan oleh Anda yaitu dengan membuat list pekerjaan tiap harinya. Dengan membuat list tersebut  pekerjaan akan jauh lebih teratur dan terencana. Tanpa Anda membuat list, maka akan bingung apa saja pekerjaan yang harus dilakukan dan diselesaikan lebih dahulu. 

Anda bisa menyusun pekerjaan sesuai dengan prioritas. Anda bisa melihat mana kira-kira pekerjaan yang halus diselesaikan lebih dahulu dan dirasa lebih penting. Sehingga dengan begitu Anda pun mampu bekerja dengan lebih terencana dan teratur.

  • Tetapkan Tenggat Waktu

Setelah Anda membuat list pekerjaan yang nantinya harus dikerjakan dan diprioritaskan, maka selanjutnya Anda ciptakan tenggat waktu atau deadline untuk mengerjakan pekerjaan tersebut. Dengan membuat rancangan tersebut tentu Anda akan jadi jauh lebih terfokus. 

Tenggat waktu pun juga akan membuat kerja Anda jadi lebih cepat selesai, karena hanya akan berfokus pada mengerjakan satu pekerjaan saja.

  • Istirahat

Istirahat merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Tanpa istirahat dan bekerja terus-menerus, tentunya seseorang akan merasa cepat jenuh dan juga stres. Ketika istirahat ini, maka Anda bisa melakukan hal-hal yang membuat Anda gembira. 

Seperti contohnya ngobrol bersama dengan rekan kerja, bermain game ataupun melihat pemandangan. Dan untuk lebih efisiennya, Anda bisa menerapkan aturan 20. Dimana di sini Anda beristirahat setiap 20 menit sekali dengan cara memandang objek yang memiliki jarak 20 kaki selama kurang lebih 20 detik.

  • Hindari Distraksi

Selanjutnya Anda perlu untuk menghindari segala macam hal yang bisa mengganggu fokus Anda atau membuat Anda terdistraksi. Hal tersebut seperti contohnya bermain media sosial, membuka online shop, berbincang dengan rekan, bermain game online dan lain sebagainya. 

Dalam hal ini Anda bisa melakukan hal tersebut ketika sudah saatnya jam istirahat. Pastikan juga bahwa Anda tidak melakukan hal itu saat bekerja, karena bisa menyebabkan Anda jadi lupa waktu dan pekerjaan jadi terbengkalai.

  • Menghindari Kegiatan Multitasking

Banyak orang yang mengira bahwa kegiatan multitasking merupakan sesuatu yang baik, dimana hal ini disebabkan karena multitasking dianggap mampu mengerjakan banyak pekerjaan sekaligus. Beberapa juga menganggap multitasking bisa menghemat waktu. 

Tapi tahukah Anda, ketika Anda melakukan kegiatan multitasking ini, maka otak cenderung akan bekerja lebih keras, sehingga akan cepat sekali lelah. Multitasking pun bisa mengurangi kinerja serta efisiensi Anda karena tidak mampu berfokus hanya pada satu hal saja di satu waktu. Karena itu, Anda perlu menghindari kegiatan yang satu ini.

Itulah tadi yang dapat dijelaskan mengenai beberapa cara yang bisa dilakukan untuk Anda memanajemen waktu supaya tingkat produktivitas makin bertambah. Tanpa adanya manajemen waktu yang baik, Anda tidak dapat menjadi lebih produktif. Terapkan hal-hal yang telah disebutkan di atas sekarang juga, untuk memperoleh hasil kerja yang lebih optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *