Alasan Sistem Klaim Allianz Cashless Paling Diminati Peserta Asuransi

Tidak semua jenis asuransi wajib dimiliki, namun paling tidak Anda harus memiliki asuransi kesehatan sebagai proteksi. Karena siapapun itu pada dasarnya memiliki resiko yang sama untuk bisa sakit, sehingga membutuhkan persiapan menggunakan asuransi kesehatan, sehingga tetap bisa mendapatkan pengobatan secara layak tanpa perlu keluar dana pribadi. Sebagai nasabah Allianz tentu sudah tahu mengenai prosedur klaim Allianz kesehatan, dimana ada 2 jenis sistem klaim berbeda, diantaranya adalah klaim secara cashless dan klaim reimburse.

Klaim asuransi ini baru bisa dilakukan ketika terjadi peristiwa yang memang masuk kedalam cakupan perlindungan perusahaan asuransi. Contohnya adalah jatuh sakit dan harus keluar biaya pengobatan. Maka tinggal ajukan klaim saja sesuai dengan kebutuhan. Sistem klaim ini bahkan dapat dipilih sendiri entah itu jenis cashless maupun juga dengan sistem reimburse. Namun rata-rata masyarakat Indonesia lebih menyukai sistem klaim asuransi secara cashless.

Kenalan Dengan Klaim Asuransi Kesehatan Cashless

Istilah sistem klaim berbasis cashless ini pastinya bukan hal yang baru lagi bagi Anda bukan. Apalagi rata-rata perusahaan asuransi masa kini memang sudah menawarkan fasilitas tersebut. Baik itu perusahaan asuransi konvensional sampai dengan digital semuanya ada. Bagi peserta yang memilih metode klaim secara cashless ini nantinya akan diberikan sebuah kartu kepesertaan oleh perusahaan asuransi. Kartu inilah yang nantinya dapat digunakan untuk mengajukan klaim Allianz, tanpa perlu lagi dana talangan.

Lalu bagaimana dengan tata cara pengajuan klaimnya? Berikut yang harus diketahui, yaitu:

  1. Datang ke rumah sakit rekanan perusahaan asuransi, sayangnya sistem klaim asuransi berbasis cashless ini hanya dapat digunakan di rumah sakit yang tergabung sebagai rekanan perusahaan. Sehingga harus dipastikan terlebih dahulu bahwa Anda mengunjungi rumah sakit yang menjadi rekanan untuk mendapatkan fasilitas pengobatan disana.
  2. Lakukan pengobatan sesuai dengan prosedur yang disarankan oleh pihak rumah sakit, disarankan juga bagi Anda untuk memberitahukan bahwa akan menggunakan asuransi untuk pengobatan, sehingga nantinya rumah sakit bisa segera melakukan konfirmasi dengan perusahaan asuransi.
  3. Gunakan kartu kepesertaan asuransi untuk membayar biaya pengobatan, selesai dalam menjalani pengobatan, maka nantinya Anda akan diminta untuk membayar biaya berobat. Namun jangan khawatir karena untuk asuransi ini nantinya pembayaran cukup pakai kartu yang memiliki sejumlah limit, pastikan juga bahwa kondisi polis masih aktif, serta limit yang ada di dalam kartu tersebut mencukupi untuk dipakai.

Kelebihan Sistem Klaim Secara Cashless

Ada berbagai alasan yang membuat banyak orang lebih suka atau memilih untuk menggunakan klaim berbasis cashless ini dibandingkan dengan sistem klaim secara reimburse, diantaranya adalah:

  1. Praktis, memang bukan rahasia lagi jika seandainya sistem klaim yang dilakukan secara cashless ini menjadi yang paling praktis dibandingkan dengan sistem klaim yang lainnya. Karena tidak perlu lagi isi formulir klaim maupun juga dengan melampirkan sejumlah dokumen pendukung, klaim cukup dilakukan menggunakan kartu kepesertaan asuransi yang ada.
  2. Tidak perlu sedia dana talangan, keuntungan yang lainnya adalah peserta asuransi tidak perlu lagi menyediakan yang namanya uang atau dana talangan untuk pembiayaan pengobatan di awal, seperti yang ada pada sistem klaim secara reimburse, cukup dengan kartu kepesertaan asuransi saja sudah cukup, prosesnya menjadi lebih cepat.
  3. Limit proteksi yang besar, memang benar jika jenis klaim secara cashless ini menawarkan premi yang mahal atau lebih tinggi. Namun sebanding dengan hal tersebut sebenarnya limit klaim atau nilai manfaat yang bisa didapatkan dari asuransi klaim cashless juga jauh lebih besar, bisa sampai milyaran rupiah untuk nilai limit setiap tahunnya.

Tertarik untuk memilih klaim Allianz  cashless ini untuk pengobatan? Harga premi memang lebih mahal, namun sesuai dengan berbagai keuntungan yang nantinya bisa didapatkan. Jangan tunggu sampai penyakit datang menyerang, apalagi jika melihat betapa mahalnya biaya yang harus dikeluarkan untuk pengobatan zaman sekarang. Lebih baik sedia payung sebelum hujan, yaitu dengan membeli produk asuransi. Roda hidup terus berputar, dimana musibah juga bisa datang kapan saja secara tidak terprediksi, ayo mulai berasuransi.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *