6 Cara Mendidik Anak dengan Parenting Islami

Dalam sebuah keluarga Muslim, orang tua harus menerapkan parenting Islami pada anak. tujuannya adalah agar sejak kecil mereka terbiasa untuk menjalankan syariat agama. Caranya cukup mudah. Bisa mengajarkannya sambil bermain, bercanda atau saat menemaninya menjelang tidur.

Aktivitas ini seharusnya dilakukan setiap hari. kedekatan orangtua dengan anak-anak akan memudahkan proses mentransfer nilai etika dan ajaran agama yang penting untuk bekal hidupnya.

Cara Mendidik Anak dengan Parenting yang Islami

Mendidik anak dengan parenting Islami harus dilakukan secara konsisten. Jika sudah terbiasa, mereka dengan mudah akan melakukannya. Pendidikan waktu kecil akan melekat pada memori anak sehingga terbawa sampai dewasa. Caranya adalah:

Memberi contoh

Anak adalah peniru yang ulung. Dalam kehidupan sehari-hari orang tua  wajib memberikan contoh dalam bentuk perilaku yang terpuji. Selalu berkata lembut, tidak berteriak dan melakukan banyak hal secara baik di depan akan bisa menjadi pelajaran penting.

Meski orang tua tidak meminta mereka untuk melakukannya, namun karena melihat setiap hari, akan menjadi habit. Anak harus dijauhkan dari hal buruk sehingga tidak penasaran untuk menirunya, misal tayangan TV yang kurang mendidik.

 Buat hati anak terhubung dengan Allah

Membuat hati anak terhubung dengan Allah sangat penting. Caranya adalah dengan mengingat dan mengucapkan syukur setiap mendapat kenikmatan seperti ketika orang tua memberinya oleh-oleh.

Ajarkan Bersabar

Sikap sabar memang agak sulit bagi anak-anak. ketika meminta sesuatu alatnya agar diberi adalah menangis. Biasakan anak untuk bersabar. Ketika menginginkan sesuatu harus mau berusaha terlebih dulu.

Sebagai contoh ketika anak menginginkan mainan baru. Minta mereka untuk menambah jadwal mengaji, setelah bisa, maka sebagai hadian orang tua akan membelikan mainan yang diinginkan.

Biasakan bersedekah

Sedekah akan mengajarkan anak untuk mempunyai jiwa empati pada orang lain. kebiasaan ini sangat baik diajarkan pada anak sejak dini. Selain membiasakan untuk berbagi, bisa membangun semangat untuk bersyukur karena mempunyai apa yang tidak dimiliki orang lain.

 Berdoa

Kebiasaan berdoa harian sebaiknya bukan hanya diajarkan secara teori tetapi juga praktek. Sebagai contoh doa agar hujan reda. Pada saat akan bepergian sementara di luar masih turun hujan, meminta mereka untuk melafalkan doa.

Doa agar hujan reda juga cukup mudah dihafal oleh anak-anak karena cukup pendek. dengan membacanya setiap hujan akan menjadikannya melekat pada ingatan. Selain itu anak-anak juga terdorong untuk berdoa dalam momen lain.

Hormat pada orang tua

Tidak sedikit anak yang kurang hormat pada orang tuanya. Membentak atau melawan bukan ajaran yang baik. ketika anak melakukannya, jangan langsung menegur atau memarahi karena mereka justru akan menirunya.

Sebaiknya menasehatinya dengan lembut bahwa hal tersebut tidak boleh dilakukan. untuk mengajari mereka perlu telaten dan sabar. Dengan terus mengulang, bisa menjadi hal baik yang mereka tiru.

Menjalankan parenting Islami pada anak merupakan kegiatan yang mudah. hal yang paling utama adalah orang tua memberi contoh. Dengan demikian mereka akan menirukan hal baik tersebut.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.