5 Tips Memilih Selang Air Berkualitas

Memilih selang air yang tepat memang terdengar sangat mudah. Namun banyaknya opsi di pasaran bisa membuat anda kebingungan. Tentunya itu menjadi tugas yang menantang agar anda bisa mengambil keputusan yang tepat. Banyak sekali produk selang air dari berbagai merk dengan kualitas bahan yang berbeda-beda.

Oleh sebab itu anda harus memilih sesuai dengan kebutuhan dengan ukuran yang tepat. Anda harus memahami mengenai kelebihan serta kekurangan yang hendak anda pilih. Semakin bagus kualitas selang air yang anda pilih, maka akan semakin awet digunakan. Sementara untuk mendapatkan selang yang berkualitas, dibawah ini dapat anda simak beberapa tips memilih selang air.

Tips Memilih Selang Air

Pilih Material Paling Fleksibel

Tips pertama yang bisa anda lakukan dalam memilih selang air adalah pilih material yang paling fleksibel. Banyak yang beranggapan bahwa selang air yang fleksibel dianggap bisa mengalirkan air lebih baik dan tahan lama. Meski demikian, keawetan selang air sendiri tergantung bagaimana cara anda merawatnya.

Setelah menggunakan selang air, sebaiknya anda hindari untuk meletakkannya di tempat terbuka. Biasanya sebagian orang memilih untuk menjemur selang air setelah digunakan, hal ini justru dapat merusak lapisan dinding selang dan bisa mengakibatkan kebocoran.

Tekanan Air yang Dapat Diakomodasi Selang

Pada dasarnya selang air yang berkualitas dapat menahan tekanan aliran air yang tinggi sekalipun. Sehingga aliran air akan berjalan dengan baik dan selang tidak akan mudah mengalami kerusakan maupun kebocoran. Untuk memastikannya, anda bisa mendapatkan informasi yang tercantum pada spesifikasi teknis produk.

Semakin tinggi tekanan air yang dapat di tahan oleh selang, semakin bagus juga kualitasnya. Jika anda ragu mengenai kualitasnya, tidak ada salahnya jika anda untuk mengujinya terlebih dahulu. Pemilihan selang air yang tepat dapat membuat anda terhindar dari kerugian, baik biaya tambahan perbaikan maupun pemborosan air akibat kebocoran.

Perhatikan Ketebalan Selang

Perlu anda ketahui bahwa setiap selang air memiliki jumlah lapisan yang berbeda-beda. Maka dari itu anda harus memperhatikan ketebalan selang sebelum memutuskan untuk memilihnya. Semakin banyak lapisan tambahan akan membuat material selang menjadi semakin kuat. Umumnya selang paling tipis hanya memiliki 2 lapisan saja, sehingga bobotnya ringan.

Namun selang paling tebal biasanya terdiri dari 6 lapis, hanya saja bobotnya menjadi lebih berat dari selang biasanya. Meski demikian tingkat ketebalan selang mempengaruhi kualitas serta daya tahannya. Semakin banyak lapisan selang biasanya cenderung jarang tertekuk, dengan begitu aliran air dapat mengalir dengan baik dan tidak mudah terputus.

Panjang Selang yang Sesuai

Memang ukuran selang yang panjang sangat menggoda. Namun jika anda hanya ingin menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari saja, maka sebaiknya anda memilih panjang selang yang sesuai dan cukup untuk mencapai area yang akan anda airi. Biasanya ukuran selang sangat beragam ada yang panjangnya 25, 50, 75 hingga100 kaki.

Panjang selang yang ukuranya sesuai akan memudahkan anda untuk menggunakan dan memidahkannya. Semakin panjang selang air akan semakin berat juga bobotnya. Mepoly merupakan salah satu perusahaan industri yang menyediakan berbagai jenis selang dengan panjang serta diameter yang lengkap.

Ukuran Diameter yang Tepat

Ukuran diameter selang juga sangat beragam. Jika anda sampai salah memilih ukuran diameter, maka hal itu bisa mempengaruhi aliran air. Semakin besar diameter selang, maka akan semakin cepat mengalirkan air. Hanya saja jika anda hanya ingin menggunakannya untuk menyiram tanaman ataupun mencuci kendaraan, sebaiknya anda memilih diameter selang yang kecil karena lebih sesuai.

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *