5 Cara Membuat Ruang Jemuran Di Hunian Sempit

Meskipun aktivitas menjemur pakaian mayoritas berada di halaman rumah, namun bukan berarti Anda mengabaikan keberadaan ruang jemuran ini. Terlebih ketika Anda memiliki hunian yang sempit, serta berada di lingkungan padat penduduk. Otomatis Anda harus membuat ruang jemuran tersebut di dalam hunian. Itu artinya Anda harus memikirkan di mana letak ruang jemuran, dan material bangunan apa yang pas digunakan untuk pembuatannya.

5 Tips Membuat Ruang Jemuran Dalam Rumah

Jika Anda memiliki hunian sempit dan tidak mempunyai halaman, alhasil Anda harus membuat ruang jemur pakaian secara indoor atau di dalam rumah. Lantas bagaimana cara membuatnya?

  • Perhatikan Tata Letak

Ruang jemuran yang berada dalam rumah perlu diperhatikan tata letaknya. Sebaiknya meletakkan ruang jemuran berdekatan dengan tempat mencuci baju serta kamar mandi. Jika hunian Anda hanya satu lantai, tempatkan ruang jemuran di posisi paling belakang. Sedangkan untuk rumah bertingkat, Anda dapat memposisikan ruang jemuran ini di lantai atas.

  • Pemilihan Bahan Atap

Keberadaan ruang jemuran indoor, otomatis membutuhkan pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik agar cucian cepat kering. Untuk itu Anda harus cermat memilih material bangunan atap, yang tepat digunakan untuk ruang jemuran ini, agar cucian baju cepat kering, tidak lembab dan tidak menumpuk.

  • Pemilihan Bahan Lantai

Bahan lantai juga perlu diperhatikan saat membuat ruang jemuran di dalam rumah. Anda harus memilih bahan yang kasar atau berstruktur tidak rata, demi meminimalisir kemungkinan terpeleset saat menjemur. Permukaan lantai sebaiknya juga diberi kemiringan tertentu, agar air bekas cucian mengalir langsung ke saluran pembuangan.

  • Pemilihan Jenis Gantungan Baju

Sempitnya hunian mengakibatkan pula kurang luasnya ruang jemuran, sehingga Anda harus memilih jenis gantungan baju yang tepat. Mayoritas tipe gantungan baju yang tepat, adalah yang dapat dilipat agar tidak terlalu banyak memanfaatkan luas ruang jemuran. Pilih juga gantungan baju bermaterial anti karat seperti aluminium.

  • Selalu Menjaga Kebersihan Dan Kerapian

Mengingat sempitnya lahan ruang jemuran, maka penting untuk selalu menjaga kebersihan dan kerapian. Usahakan cucian baju kotor tidak menumpuk agar ruangan tidak lembab. Selalu membersihkan lantai agar tidak licin, dan hindari meletakkan barang bekas, agar tidak menimbulkan tumbuhnya jamur.

Tips Memilih Bahan Atap Untuk Ruang Jemuran Dalam Rumah

Lantas bagaimana tips memilih material bangunan atap untuk ruang jemuran di hunian sempit ini?

  • Bahan Atap Dari Kaca

Atap dari kaca sangat pas untuk ruang jemuran indoor. Kaca ini bersifat transparan, sehingga sinar matahari mudah masuk dalam ruangan jemuran untuk mengeringkan pakaian.

  • Bahan Atap UPVC

Bahan ini bersifat transparan juga seperti kaca, sehingga memungkinkan sinar matahari tersalurkan ke dalam ruangan jemuran. 

  • Bahan Atap Polycarbonate

Bahan atap ini berbobot ringan dan tidak mudah pecah. Selain itu bahan ini juga bersifat semi transparan dan mudah menyalurkan sinar matahari dalam ruang jemuran. Menariknya lagi bahan polycarbonate sanggup meredam panas, sehingga cocok bagi ruang jemuran yang menjadi satu dengan ruang lain. 

Pastikan Anda Memilih Material Bangunan Untuk Ruang Jemuran Di SCG CBM Indonesia

Pemilihan material bangunan yang tepat sangat dibutuhkan, agar pembuatan ruang jemuran dalam hunian sempit dapat dimaksimalkan. Jika Anda membutuhkan bahan bangunan untuk ruang jemuran, kini Anda dapat menemukannya dengan mudah di SCG CBM Indonesia.

SCG CBM ini merupakan situs jual beli material bangunan terbaik sehingga sangat pas bagi Anda, yang sedang membuat ruang jemuran dalam hunian. Caranya Anda dapat membuka langsung website resminya https://scgcbm.id/ untuk mencari informasi lengkap, tentang bahan bangunan yang Anda butuhkan. Anda juga bisa menghubungi pelayanan customer service melalui nomor kontak yang tersedia, untuk mendapatkan pelayanan terbaik seputar jual beli bahan bangunan.

Jadi, tak perlu ragu lagi. Yuk belanja material bangunan berkualitas di SCG CBM Indonesia. 

Referensi :

https://berita.99.co/membuat-tempat-jemuran-indoor/

https://blkp.co.id/blogs/detail/6-desain-jemuran-baju-kreatif

https://bildeco.com/tips-memilih-atap-jemuran/

https://www.impack-pratama.com/atap-ruang-jemuran/

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *